Senin, 28 Juli 2008

CS 1 Full Speed and Stabillity

Benarkah spesies terbaru Honda CS 1 sesuai dengan tag line yang diusung yaitu The Top of City Ride, Comfort, Speed and Action ?
Kali ini i unit CS 1 Black Silver benar - benar siap diajak jalan - jalan untuk test drive dengan kondisi jalanan Indonesia yang sesungguhnya.

Test drive kali ini dilakukan di jalanan yang cukup lengkap variasinya, ada jalanan yang ramai dengan tukang becak dan sepeda, anak sekolah, bis jogja solo yang terkenal sesuka hati kalo jalan, jalanan rusak, tikungan full speed dan tentu saja yang paling ditunggu adalah trek lurus tanpa akhir :)
Test drive CS 1 kali ini juga tidak menggunakan alat ukur apapun kecuali spedometer digital bawaan CS 1 yang lumayan asik dilirik pada saat motor melaju kencang :)
Tes drive ini murni menggunakan kemampuan dan pengetahuan tester dalam menilai CS 1 yang kali ini dites, jadi bisa dibilang ada unsur subyektif dan obyektif dari tester :)
Tes Drive kali ini akan difokuskan pada hal sbb :
1> Stabillity
2> Power
3> Braking

Konsumsi bahan bakar sengaja tidak dibahas khusus karena konsumsi BBM dipengaruhi juga oleh perilaku pengguna sepeda motor itu sendiri.

Test drive CS 1 kali ini menempuh rute Klaten - Jogja - Klaten - Solo, termasuk didalamnya berputar - putar di keramaian dan keruwetan dalam kota Jogja maupun Solo.
Sekarang kita bahas hal yang pertama yaitu stabillity alias stabilitas CS 1.
1> Stabillity
Stabilitas motor dipengaruhi oleh suspensi, frame dan wheel alias roda. Dari ketiga hal tersebut CS 1 mempunyai keunggulan lebih di bentuk frame dan suspensi belakang yang menggunakan monoshock, dan disempurnakan dengan penggunaan velg racing.
Pada saat melibas jalanan di jalur Klaten - Jogja yang terbilang mulus, motor terasa sangat anteng dan tidak terlalu terpengaruh terpaan angin dari kiri kanan.
Bentuk frame sangat mendukung stabilitas CS 1 ini, pada saat digunakan untuk meliuk di keramaian juga terasa lincah dan ringan. Didukung suspensi monoshock dibelakang motor terasa sangat stabil melibas jalur Klaten - Solo yang banyak bergelombang.
Saat melibas jalanan bergelombang CS 1 tidak terasa goyang ke kiri kanan. Pun ketika dicoba untuk melibas tikungan dengan lutut hampir menyentuh aspal, motor terasa anteng dan tidak liar. (hehe keenakan nikung lupa klo ga pake knee slider hehe). Hanya ada satu hal yang sampe sekarang masih dicoba dicari yaitu bagian roda depan terasa goyang saat motor diajak akselerasi sangat cepat dari posisi berhenti s/d kecepatan 60 km/jam

2> Power
Inilah motor Honda yang berbeda dari produk Honda lainnya di Indonesia dari sisi power mesin. Selama ini Honda dianggap lemah di sisi power mesin. Nah kalo pengin liat Honda dengan power yang ga habis - habis silahkan coba type CS 1 ini.
Tenaga mesin keluar terus dari putaran bawah sampai dengan putaran atas. Sempat terekan kecepatan terakhir dicapai 125 km/jam sesaat sebelum keabisan jalan. Dengan catatan kecepatan tersebut dicatat dari spedometer digital standar CS 1 yang pasti lebih presisi

3> Braking
Hmmm dengan cakram depan dan belakang, ada komentar yang perlu ditulis ga?
Jawabannya adalah smooth braking dan pakem jadi mau dengan gaya apapun, rem cakram depan belakang CS 1 ini sangat mumpuni untuk melakukan braking dengan gaya apapun