Senin, 29 Agustus 2011

Dyno Test di Taruna Motorsport Solo





Mantap bener nih bengkel yang digawangi Pak Pandu Handoyo plus bro Aditya Iskandar dan bro Bobby sang adik, setelah opening 18 Agustus 2011 maka saya berkesempatan mampir sekaligus sharing di Taruna Motorsport ini. Sekedar info aja ni AHASS lokasinya di Jl. Bhayangkara Tipes Solo (dekat Makro Solo). Bengkel dengan konsep unik dimana dilengkapi ruang tunggu AC dan Non AC dengan style cafe ini dilengkapi pula dengan fasilitas dyno test plus ruangan khusus untuk order mesin modifikasi.
Bengkel ini sekaligus sebagai markas Honda Taruna Racing Team yang wara wiri di Motoprix Indonesia. Nah yang bikin heboh selain kelengkapan peralatan untuk order modifikasi mesin adalah adanya ruangan khusus untuk dyno test dimana dynotest yang digunakan adalah merk DynoJet seri 200i dengan setting ruangan yang disesuaikan standar dari DynoJet. Weisss mantab benerrr...
Nah sekalian diskusi sekalian deh saya coba naikin CBR 250R versi ABS yang masih standar abis dan baru jalan 300an kilometer ini ke atas dynotest biar bisa tau kondisi riil power mesin sekaligus torsi nya.
Ini penting buat mengetahui hasil dynotest karena ada rencana buat pasang power commander plus ganti knalpot (tapi inden dulu xixixi).
Masuk ke ruang dyno wajib pake earphone daripada pulang dari bengkel harus mampir dokter THT karena ruangan dyno ini full kedap suara. Jadi kalo kita ngikut kedalam buat liat proses dyno wajib pake headphone karena suara knalpot dijamin keluar full di ruangan dyno ini.

Nah setelah berada di ruang dyno sekitar 5 menit dengan dibantu bro Bobby keluarlah hasil dynotest CBR 250R yang saya bawa, hasilnya adalah max power 22,26 dk dan max torsi 14,68 ft-lbs. Max power keluar pada RPM 8800an dan max torsi muncul di 6200an RPM.
Sementara perpotongan grafik toris dan power terjadi di 7500an RPM maka di angka inilah ketika pengen power dan torsi keluar maksimal dilakukan gear shifting alias pindah gigi di RPM 7500an maka dijamin bakalan wuussss.






Selamat Idul Fitri 1432 H



Keluarga Besar By Pass Motor Group mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1432 H Minal Aidin wal Faidzin Mohon Maaf Lahir Batin






Sabtu, 20 Agustus 2011

Khayalan Tingkat Tinggi (seri 3)


Lanjuuttt meskipun bulan puasa tapi kali ini kita berkhayal yang positif aja tentang dunia permotoran Indonesia yang tahun ini betul betul seru pertempurannya. Setelah membahas tiger dan CS-1, kali ini mari kita bahas kelas 150 cc. Masih ada satu celah yang belum disentuh AHM untuk kelas 150 cc ini, setelah keluar New Mega Pro dan New CBR 150 maka yang ditunggu apakah AHM akan mengeluarkan lagi type baru di kelas 150 cc untuk menemani New Mega Pro menggempur para pesaingnya.
Saat ini AHM betul betulk serius menggempur semua segmen motor, setelah matic dan bebek dikuasai maka kini saatnya kelas sport ingin dikuasai penuh. New Mega Pro diarahkan untuk semua kalangan dan CBR 150 R untuk penyuka kelas full fairing bin sport maka ada satu celah lagi yang bisa dimasuki yaitu naked bike dengan wajah sporty seperti kompetitornya.
Akan sangat dashyat jika garis desain yang dipakai adalah garis desain CB 1000, waduhh bakalan heboh Indonesia plus jika dibekali mesin CBR 150 bakalan sangar bener. Apalagi saat ini Honda sendiri senang bermain garis desain yang sama untuk model sportnya misal garis desain VFR 1200 untuk CBR 250 dan CBR 150 nya. Jadi bukan suatu hal yang susah untuk AHM jikalau mau mengeluarkan naked bike 150 cc dengan garis desain CB 1000. Dan yang bakal tambah geger lagi jika ternyata garis desain CB 1000 ini dipakai juga untuk All New Tiger yang mulai santer terdengar bakal segera meluncur :D
Jadi.... mari lanjutkan berkhayal positif ini sodara :D







Sabtu, 13 Agustus 2011

Khayalan Tingkat Tinggi (seri 2)


Menyambung artikel seri 1 kemarin, mumpung masih fresh, mari lanjut tentang khayalan tingkat tinggi. Kalo artikel terdahulu menyinggung tentang Tiger series maka kali ini akan mencoba masuk ke area CS 1 alias kelas city sport. Awalnya type ini keluar dimaksudkan untuk konsumen yang aktivitas riding tinggi namun tetap menginginkan kenyamanan sebuah bebek plus motor harus kencang. Nah dengan pola awal seperti itu maka keluarlah CS-1 yang mempunyai segitiga kenyamanan yang memang sangat nyaman plus mesin yang enteng tarikannya namun tetap mampu mencapai top speed yang tinggi.
Berdasarkan pengalaman penulis, CS-1 ini sangatlah nyaman riding positionya terbukti dipake bolak balik klaten-solo-jogaj-klaten nonstop sama sekali gak terasa capek bin pegal. Untuk top speed pun motor ini sangat mumpuni, dari RPM bawah sampai atas mesin terasa isi terus tanpa ada gejala telat sama sekali, apalagi kalo sudah disuntik CDI aftermarket seperti BRT waduuhhh bakal bikin ketagihan deh pokoke :D
Namun dari sekian banyak konsumen banyak yang menyayangkan bentuk body CS-1 ini, kenapa tidak keluar saja seperti Sonic yang memakai shock model ayam jago alias teleskopik seperti motor sport.
Berangkat dari hal ini dengan data penjualan CS-1 yang hanya di angka 7800 unit dari Januari - Juli 2011, mari berandai-andai jikalau type CS-1 ini mengalami facelift total dengan kembali ke type sonic RS :) Weisss dijamin deh dengan spek mesin yang sekarang ditambah shock depan mdoel teleskopik mirip sonic RS sepertinya akan lebih mengangkat lagi jumlah penjualan type ini, bisa saja dikasih nama CS-2 atau CS Super misalnya :D.
Mau lebih dahsyat lagi mesin naik jadi 150 cc DOHC mirip dengan kompetitornya Satria FU, weisss dijamin bakal seru pertempuran di kelas bebek sport nih. Hmmm kelanjutanyya mari kita tunggu setelah lebaran nanti apakah CS-1 akan mendapat sentuhan dashyat dari AHM. Semua masih mungkin terjadi karena tahun 2011 ini hampir di setiap bulan AHM selalu mengeluarkan baik new model ataupun minor change.
Selamat berkahayal tingkat tinggi jilid dua deh




Jumat, 12 Agustus 2011

Khayalan Tingkat Tinggi (seri 1)




Mumpung masih semangat mari kita membuat khayalan tingkat tinggi. Eitss jangan yang negatif dulu, khayalan tingkat tinggi ini dimaksud untuk type Honda yang bakalan keluar. Ingat ini hanya khayalan saja, jikalau ternyata AHM mengeluarkan hasil khayalan ini maka let's say Alhamdulillah bro.
Sejak awal 2011 AHM rajin bener mengeluarkan produk baru, baik new model maupun minor change dan ini sebenarnya dimulai sejak akhir 2010. Nah dari sekian banyak model itu ada beberapa type yang belum mengalami sentuhan sama sekali.
New model yang dikeluarkan AHM diantaranya New Mega Pro, Revo AT, Scoopy, PCX 125, Spacy, CBR 250, CBR 150 dan terakhir New Blade. Minor change ada di Revo Fit. Sementara yang belum disentuh adalah Supra X 125, Tiger dan CS-1.
Untuk Supra X 125 sebentar lagi sudah disentuh new model.
Naaahhh khayalannya dimulai dari sini. Pertama Tiger, model ini sudah keluar sejak tahun 1993 sampai sekarang hanya mengalami minor change saja. Jikalau AHM melaunching model pengganti Tiger maka pilihannya adalah kapasitas mesin naik dan model berubah total. Ini sudah mulai keluar kabar angin berhembus bahwa Tiger bakal naik kapasitas mesin. Pilihannya bisa menggunakan mesin CB 233 atau VTR 250 atau bahkan sekalian pake mesin CB 300 seperti di brazil. Sementara untuk model bisa memakai VTR 250 dengan frame teralis mirip Ducati Monster atau memakai model CB 300 brazil. Hmmmm sama-sama dashyatnya kedua model tersebut.
Melihat market sport saat ini dimana Tiger mulai ketinggalan dibandingkan New Mega Pro dan para pesaingnya maka besar kemungkinan Tiger bakalan didorong untuk membantu memenangkan persaingan dengan kompetitor. Artinya New Tiger ini harus betul-betul dahsyat dan disukai oleh konsumen Indonesia. Pilihanya tentu harus mengusung mesin baru dan model baru.
Kemungkinan minimalnya adalah mengambil model body CB 300 namun dipasangi mesin CB 223. Atau bisa juga keluar 2 versi sekaligus menggunakan body CB 300 dan keluar 2 versi mesin yaitu 223 cc dan 250 cc. Nah yang 250 cc ini tentunya untuk menemani CBR 250 dan sebagai penguat Honda di pasar sport kelas naked bike :)
Apakah akan seperti itu? Hmmm ditunggu saja, namanya juga khayalan tingkat tinggi :D






Next Supra X 125?



Kali ini coba yang diangkat jadi artikel adalah menebak motor baru Honda yang bakal dilaunching setelah lebaran. Hal ini sudah diungkapkan Mr. Yusuke Hori saat launching Honda New Blade. Hmm bakal tambah seru persaingannya nih. Nah yang jadi pertanyaan adalah saat ini Honda Supra X 125 masih jadi raja plus laris manis, apa iya akan diganti new model?
Melihat dari launching Honda Spacy, sepertinya bukan pergantian model tapi lebih tepatnya launching saudara Supra X 125. Nah sekarang kira kira seperti apa model yang bakalan launching setelah lebaran ini. Mungkinkah Honda Biz 125 seperti di Brazil?
Sebagai tambahan saja untuk Honda Biz ini punya fasilitas helm in mirip dengan Spacy, plus velg yang berbeda antara depan dan belakang. Tapi melihat konsumen Indonesia kayaknya gak bakalan pake versi 100% mirip Honda Biz.
Dari sini bisa ditarik kesimpulan sementara bahwa type bebek 125cc yang bakalan keluar mengadopsi fasilitas helm in, mesin mirip dengan Supra X 125 cc, velg ring 17, cover body bisa jadi ada sedikit perubahan dari versi Honda Biz, plus mungkin mengusung 2 versi, karburator dan PGMFI.
Lebih jelasnya ya bersabar aja setelah lebaran pasti ketahuan bentuknya deh :)






Rabu, 10 Agustus 2011

Honda Kembali Bikin Mudik Bareng 201


Tahun ini kembali Astra Honda Motor membuat event yang sangat bermanfaat buat para pemudik yaitu Mudik Bareng Honda 2011. Dalam event ini para pemudik akan sangat dimanjakan oleh Honda, karena selain gratis para pemudik akan naik bus alias tidak motornya dan motor kesayangan para pemudik aman karena dinaikkan ke truk pengangkut yang disediakan oleh AHM.
Untuk tahun ini rute tujuan adalah Jakarta - Jogja dan Jakarta - Semarang. Syaratnya cukup gampang kok, datang ke lokasi pendaftaran yang ditunjuk, membawa fotokopi KTP & STNK beserta aslinya plus motor dalam kondisi standar dan tidak ketinggalan membawa perlengkapan berkendara yang memenuhi syarat (jaket, helm SNI dan sarung tangan).
Nah selengkapnya lihat di poster dibawah ini atau hubungi HC3 AHM di 500-989 atau 0811-9-500-989






Selasa, 09 Agustus 2011

New Honda Blade Laku 951 Unit dalam Waktu 8 Jam !





Setelah launching New Honda Blade, kali ini AHM kembali beraksi dengan menggelar promo penjualan 1000 unit New Honda Blade di CITOS, bagi konsumen yang membeli pada program tersebut akan mendapatkan cash back Rp. 2 juta. Busyeett efeknya langsung deh terasa, banyak konsumen berdatangan sejak pagi dan cukup dalam waktu 8 jam saja terjual Honda New Blade sebanyak 951 unit. Dahsyat benerrrr.
Ini nih press release lengkap dari AHM :


Musium Rekor Indonesia (MURI) mencatat rekor baru dalam industri sepeda motor roda dua setelah PT Astra Honda Motor (AHM) berhasil membukukan penjualan motor sebanyak 951 unit untuk satu tipe motor dalam kurun waktu kurang dari 8 jam.

Rekor tersebut dibukukan AHM melalui acara “Jadilah 1.000 Pemilik VIP New Honda Blade.” Program ini merupakan terobosan baru dalam sejarah industri kendaraan roda dua di negeri ini. MURI pun menganugerahi AHM penghargaan rekor baru yaitu penjualan motor terbanyak untuk satu tipe dalam satu hari di satu lokasi.

Rekor MURI tersebut tercipta setelah program “Jadilah 1.000 Pemilik VIP New Honda Blade,” sukses digelar di Cilandak Town Square pada Sabtu, 6 Agustus. Program ini mendapat sambutan antusias dari masyarakat yang rela mengantri untuk membeli New Honda Blade. Para calon pembeli mengantri dengan tertib sejak pagi untuk menanti dibukanya proses pendaftaran pembelian yang dibuka mulai pukul 14.45 WIB dan ditutup hingga sekitar pukul 22.00 WIB.

“Program ini merupakan persembahan khusus kami bagi konsumen menyambut kehadiran New Honda Blade. Ini terobosan baru di mana kami mampu membukukan penjualan yang signifikan untuk satu tipe motor dalam waktu satu hari di satu lokasi. Ini salah satu bukti sambutan luar biasa dari masyarakat terhadap New Honda Blade,” ujar GM Marketing Planning and Analisys Division AHM Agustinus Indraputra.

Melalui program bertajuk “Jadilah 1.000 Pemilik VIP New Honda Blade,” AHM menyiapkan hadiah khusus bagi 1.000 pembeli pertama New Honda Blade yaitu bensin selama 1 tahun senilai Rp2 juta dan special gift berupa tas ransel eksklusif serta jaket racing yang keren. AHM juga membagikan beragam hadiah undian selama acara berlangsung seperti Samsung Galaxy Tab, Notebook, Blackberry, dan hadiah utama berupa 1 unit sepeda motor.

New Honda Blade sendiri memiliki desain baru dengan dibekali mesin EFT (Efficient and low-Friction Technology) berkapasitas 110 cc, SOHC, 4 tak yang memiliki performa tinggi namun efisien. Mesin ini disempurnakan dengan menggunakan teknologi baru Honda yaitu HVIC [Honda Variable Ignition Control technology] yang akan membuat proses pengapian mesin pada motor ini lebih efisien, tarikannya bertenaga, namun tetap hemat bahan bakar.

New Honda Blade dilengkapi dengan fitur-fitur handal antara lain rem cakram depan dan belakang yang memberikan daya pengereman lebih optimal. Pijakan kaki pengendara yang fleksibel, berguna ketika melakukan manuver layaknya pada motor sport. Hal ini pertama diaplikasikan di motor bebek di kelasnya. Selain itu, juga dilengkapi dengan bagasi luas berukuran 7 liter, yang berguna untuk menunjang aktivitas sehari-hari.

Blok mesinnya dilengkapi dengan pelindung panas yang menyatu, dipadukan dengan knalpot sporti berlapis krom dengan desain terbaru sehingga mampu menunjang tampilan bergaya motor besar.

sumber: astra-honda.com