Kamis, 31 Januari 2008

Cerita Dari Sebuah Warung Kecil

Alkisah di samping kiri bengkel ada sebuah warung kecil yang dikelola oleh seorang yang akrab dipanggil dengan sapaan Mbah Sarip.
Warung ini menjual nasi dengan lauk khas sayur tahu dan makanan kecil lainnya. Yang unik dari warung ini adalah setiap pagi selalu menjadi tempat berkumpulnya para renternir kecil kecilan yang biasa disebut Bank Plecit :)
Pingin pinjam uang syaratnya cuma fotokopi KTp dan sebutkan kebutuhannya (asal jangan butuh buat KPR ya hehe). Angsurannya pun juga harian...

Nah, disini yang akan saya bahas, termasuk si pemilik warung alias Mbah Sarip ini juga punya pinjaman di Bank Plecit ini, namun sepanjang yang saya amati (karna kadang kalo pagi saya nongkrong juga di warung ini) Mbah Sarip jarang sekali membayar angsurannya tapi malah dapat lebih dari para Bank Plecit ini.
Kenapa...?
Ternyata begitu para Bank Plecit ini datang, langsung dengan spontan dirayu dan ditawari dengan berbagai macam dagangannya. Mulai dari " Ayo mas sarapan sik.... ben semangat sik nyambut gawe..." Dan pastinya para Bank Plecit ini selalu meng iyakan tawaran tersebut. Sampai teruuusss ditambahi dengan tawaran kopi panas, rokok, gorengan, atau yang lainnya.
Nah setelah kenyang tinggal deh Mbah Sarip menghitung dan ya itu tadi Mbah Sarip jarang mengangsur hehe dalam arti angsuran dalam bentuk fresh money.
Yang saya mabil dari sini adalah ternyata hal kecil sperti ini jarang kita lakukan atau tidak kita sadari ketika kita berhadapan dengan calon klien atau konsumen kita :)
Kita hanya ke fokus salah satu produk yang diminati konsumen dan lupa mencoba menawarkan produk lainnya :)

Selasa, 29 Januari 2008

Cara Gampang Beli Spare Parts

Waduh mati aku... Tabrakan bro... Bingung nih nyari spare part Honda Kerenku nih, mana kreditan belum lunas pula....

Weitt jangan khawatir...
Temukan tips beli spare part disini

Langkah pertama =
Datang ke AHASS terdekat dan tanyakan apakah ada stok spare parts untuk Honda Anda
"Wah mas kebetulan stoknya belum ada"
Ehm jangan khawatir... Segera ke Langkah kedua
Bila Anda berkenan untuk memesan spare part Honda Anda maka persiapkan fotocopy KTP/SIM dan STNK motor Anda @ 1 lembar

Langkah ketiga
Pulang dan nikmati secangkir kopi sembari nonton acara tivi favorit Anda, karena selanjutnya adalah tugas kami untuk melakukan prosedur Hot Line Order agar spare parts Honda Anda segera terkirim

Setelah spare parts sampai di AHASS kami, maka Anda akan kami hubungi.
Jadi simple bukan? Apapun spare parts yang dibutuhkan untuk Honda Anda, By Pass Motor AHASS 366 Klaten siap membantu memberikan solusi yang terbaik

Tanggung Jawab dan Tantangan (Akhir Dari Sebuah Awal Perjuangan)

Dengan berbagai benturan sepertiyang ada di bagian kedua tulisan ini, saya berusaha keras untuk mengatasi dengan sehalus mungkin dan meredam rasa "tidak percaya" dari karyawan dan menjadikan semuanya sebagai sebuah tantangan.

Salah satu langkah yang saya anggap cukup beresiko adalah ketika dengan keyakinan bahwa dengan mengangkat Kepala Mekanik yang mempunyai umur lebih muda maka By Pass Motor akan bisa berlari lebih kencang maka mulailah perombakan dilakukan.
Dan hasilnya, seperti yang sudah saya duga sebelumnya, tetap menyisakan tanda tanya di kalangan karyawan 'senior'.
Namun seluruh Kepala Mekanik yang baru saya bekali dengan satu kata yaitu "OPTIMIS"
Dan dengan motivasiu tersebut akhirnya unit usaha mulai berjalan seperti yang saya inginkan, menjadi lebih baik, baik dan baik.....
Salah satu hasilnya adalah meraih Best Performance AHASS 2004, 2005, 2006 dan 2007.
Hanya satu kata terucap... Alhamdullilah



Kamis, 24 Januari 2008

Tanggung Jawab dan Tantangan (Bagian Kedua)

Nah ini sedikit tambahan untuk berbagi tentang pengalaman saya ketika pertama kali memulai bisnis AHASS ini.
Semakin dalam memasuki bisnis ini semakin banyak tantangan dan benturan yang harus dilalui dengan hati hati karena menyangkut "roda" perusahaan. Salah satunya adalah menghadapi "tekanan" bahwa anak muda susah untuk bisa maju dan berhasil dalam bidang ini.
Namun bagi saya saemua anggapan itu saya anggap sebuah angin lalu dan justru dengan anggapan tersebut justru memacu saya untuk lebih tancap gas semakin kencang mencapai satu tujuan yaitu Kesuksesan !!!
Sukses menjadikan perusahaan ini tetap berjalan di atas rel nya dengan baik dan Sukses mengembangkan perusahaan menjadi lebih baik di semua bidang

Tantangan terberat adalah justru bagaimana mengendalikan dan memberikan pengertian serta mengubah pola pikir karyawan biasa biasa saja menjadi seorang karyawan yang bisa turut andil memikirkan kemajuan perusahaan serta adanya kekerabatan / hubungan saudara antara saya sebagai pimpinan dengan beberapa karyawan.
Salah satu yang harus disentuh adalah merubah pola kerja dan cara kerja menjadi lebih teratur dan efisien serta dilengkapi dengan pembentukan karakter " Kualitas Layanan dan Kualitas Hasil Kerja adalah Hal Yang Terpenting "
Sebagai contoh, dari semula tidak memperhatikan hal - hal sepele diluar Poin Servis yang telah digariskan oleh PT. Astra Honda Motor menjadi lebih perhatian terhadap hal - hal sepele tersebut, misalnya kebersihan hands pad / grip gas dari motor yang selesai diservis.
Dengan mengingatkan hal sepele tersebut kepada seluruh karyawan maka seluruh karyawan mulai berubah (meskipun tetap ada yang ngeyel keras kepala tidak mau berubah).
Selain itu saya juga berulangkali memberikan penekanan bahwa saya tidak peduli dengan hubungan kekerabatan tersebut, dan sebagai bukti karyawan yang masih mempunyai hubungan kerabat dan tidak mau berubah akhirnya tidak kuat dan menghilang alias mengundurkan diri dengan berbagai cara dan alasan karena tidak kuat atas tekanan untuk berubah menjadi lebih baik yang selalu saya "kumandangkan" :)
Akhirnya dengan segala upaya tersebut mulai menampakkan hasilnya meskipun perubahan yang saya lakukan belum 100 % seperti yang saya harapkan.
Hasilnya adalah beberapa hal diluar dugaan saya terjadi...
Mau tahu apa yang terjadi ? Ikuti posting selanjutnya....