Sabtu, 11 September 2010

Silaturahmi Ok Safety Tetap No 1

Sekali lagi Selamat Hari Raya Idul Fitri Minal Aidin wal Faidzin ya :) Di setiap lebaran di Indonesia selalu ada tradisi silaturahmi mengunjungi keluarga dan sahabat. Dan biasanya diiringi dengan iringan keluarga besar baik dengan motor maupun mobil. Tradisi yang sangat bagus untuk menjalin silaturahmi namun ada sayangnya nih, biasanya yang naik motor banyak yang kurang peduli dengan safety berkendara.
Nah kali ini kita bakal bahas masalah ini, gak mungkin dong niatnya silaturahmi tapi ujungnya masuk rumah sakit karena gak pake perlengkapan safety maupun motor yang digunakan juga tidak siap. Banyak yang beralasan gak pake helm karena bikin susah dan ribet apalagi udah pake baju baru :D
Alasan yang saat ini sangat tidak relevan karena sekarang banyak helm yang bagus dan berkualitas plus gak merusak penampilan bahkan tambah bikin keren.
Ok deh sekarang satu persatu dibahas. Ada 2 bagian, yang pertama bahas perlengkapan buat pengendara, artikel bagian kedua bahas persiapan buat motornya.
Nah, untuk perlengkapan untuk pengendaranya, paling utama adalah helm yang harus minimal berstandar SNI dan half face. Ini berfungsi untuk keamanan kepala jika kita terjatuh dan terbentur benda keras misalnya aspal. Di pasaran sudah banyak helm keren berkualitas bagus dengan rentang harga mulai Rp. 100 ribuan sampe jutaan, so tinggal pilih aj kan hehe
Lanjut perlengkapan kedua adalah jaket, sangat disarankan untuk perjalanan diatas 3 km dari kediaman kita. Berfungsi menahan panas dan mengurangi resiko lecet saat jatuh. Model jaket pun sudah sangat beragam :)
Lanjuuttt, jangan lupa sarung tangan, saran saya jangan gunakan dari bahan kain tapi gunakan bahan dari vynil yang tidak licin. Yang terakhir adalah sepatu, nah buat para cewek sangat tidak disarankan memakai cewek dengan hak tinggi diatas 5 cm, bisa berabe banget untuk gerakan reflek mengerem, memindahkan persneling atau gerakan menghindar. Dengan hak terlalu tinggi otomatis menghambat gerakan kaki pengendara.
Nah yang terakhir jangan lupa pake masker, untuk menghindari dan mengurangi polusi udara.
Nah, untuk artikel selanjutnya bakal kita bahas persiapan untuk motornya :)
Yang penting keep safety F1RST dan selamat bersilaturahmi ya :)
Powered by Telkomsel BlackBerry®

1 komentar:

usman effendi mengatakan...

mohon informasi, berapa jumlah ahass seluruh DKI jakarta, mohon bantuannya terima kasih.