Senin, 29 Agustus 2011

Dyno Test di Taruna Motorsport Solo





Mantap bener nih bengkel yang digawangi Pak Pandu Handoyo plus bro Aditya Iskandar dan bro Bobby sang adik, setelah opening 18 Agustus 2011 maka saya berkesempatan mampir sekaligus sharing di Taruna Motorsport ini. Sekedar info aja ni AHASS lokasinya di Jl. Bhayangkara Tipes Solo (dekat Makro Solo). Bengkel dengan konsep unik dimana dilengkapi ruang tunggu AC dan Non AC dengan style cafe ini dilengkapi pula dengan fasilitas dyno test plus ruangan khusus untuk order mesin modifikasi.
Bengkel ini sekaligus sebagai markas Honda Taruna Racing Team yang wara wiri di Motoprix Indonesia. Nah yang bikin heboh selain kelengkapan peralatan untuk order modifikasi mesin adalah adanya ruangan khusus untuk dyno test dimana dynotest yang digunakan adalah merk DynoJet seri 200i dengan setting ruangan yang disesuaikan standar dari DynoJet. Weisss mantab benerrr...
Nah sekalian diskusi sekalian deh saya coba naikin CBR 250R versi ABS yang masih standar abis dan baru jalan 300an kilometer ini ke atas dynotest biar bisa tau kondisi riil power mesin sekaligus torsi nya.
Ini penting buat mengetahui hasil dynotest karena ada rencana buat pasang power commander plus ganti knalpot (tapi inden dulu xixixi).
Masuk ke ruang dyno wajib pake earphone daripada pulang dari bengkel harus mampir dokter THT karena ruangan dyno ini full kedap suara. Jadi kalo kita ngikut kedalam buat liat proses dyno wajib pake headphone karena suara knalpot dijamin keluar full di ruangan dyno ini.

Nah setelah berada di ruang dyno sekitar 5 menit dengan dibantu bro Bobby keluarlah hasil dynotest CBR 250R yang saya bawa, hasilnya adalah max power 22,26 dk dan max torsi 14,68 ft-lbs. Max power keluar pada RPM 8800an dan max torsi muncul di 6200an RPM.
Sementara perpotongan grafik toris dan power terjadi di 7500an RPM maka di angka inilah ketika pengen power dan torsi keluar maksimal dilakukan gear shifting alias pindah gigi di RPM 7500an maka dijamin bakalan wuussss.






1 komentar:

Anonim mengatakan...

Bro minta cp bengkelnya dong. Rencananya pingin pasang pcv nih. Hehe